Jumat, 30 Desember 2011

Character, How to change, How to build..



Recent song played : Heal the world - Michael Jackson.

 Hari ini ada kejadian menarik yang menginspirasi saya untuk menulis artikel ini di blog saya.Dua teman saya bertengkar hebat, bahkan sampai menghapus pertemanan bbm mereka.Masalahnya bermula dari seorang teman, sebut saja Dian, yang meminta bantuan seorang teman saya lagi, sebut saja Erick, untuk mengantarnya membeli obat untuk seorang teman lainnya.Sayangnya Erick saat itu sedang ada janji untuk menjemput pacarnya, kontan saja Dian langsung marah hebat, meski Erick menyatakan dia akan mengantar Dian setelah urusannya selesai.Namun Dian yang sudah terlanjur emosi mengabaikan hal itu.

Kesampingkan pendapat Anda tentang siapa yang benar atau salah, yang ingin saya bahas di sini adalah karakter.Karena semua permasalahan ini berawal dari Dian yang mungkin tidak sabaran menunggu, dan Erick yang mungkin menganggap mudah urusan itu.Dan bisa dibilang inilah karakter mereka yang saya kenal sejauh ini.

Dalam sebuah episode di acara "Mario Teguh : The Golden Ways" pernah dijabarkan bahwa, karakter berasal dari sikap dan sifat.Sikap yang dilakukan berulang-ulang akan berubah menjadi sifat.Dan sifat yang sering kita terapkan dalam kehidupan akan membentuk karakter kita.Dari sini bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya karakter ini bisa saja dirubah asal kita mau.Dan tentu saja ini akan memupuskan opini sebagian orang yang menyatakan bahwa karakter itu tidak bisa dirubah.Bagaimana caranya?Mari kita mulai dari yang paling dasar,yakni sikap.Rubahlah sikap-sikap yang menurut anda selama ini kurang baik dari sekarang, dan lakukan juga terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.Maka tanpa Anda sadari akan ada perubahan hebat dalam hidup yakni terbentuknya karakter baru yang lebih baik.

Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah banyak mengalami perubahan karakter dalam phase kehidupan ini.Dan saya sendiri pun mengalaminya, dulu waktu saya masih berada di sekolah dasar, saya adalah anak yang aktif dan bandel.Pada saat memasuki sekolah menengah saya mulai mengenal rasa malu, dan menjadi pribadi yang agak tertutup,terutama dari ibu saya yang memang tidak memiliki banyak waktu untuk saya.Pada usia 17'an saya bahkan menjadi anak yang egois dan tidak memperdulikan orang lain dan siapa sangka sekarang saya malah menulis artikel seperti ini.

Sedikit tambahan,sebenarnya karakter buruk pun bisa dicontrol dengan pengendalian diri yang baik dan jangan biarkan pikiran negatif menguasai kita.Sehingga membuat masalah yang sebenarnya hanya sepele,tapi berujung pada pertengkaran yang runyam.Cobalah untuk berfikir dari sudut pandang orang lain,maka tidak akan ada yang namanya sakit hati.Ingat, masalah dalam hidup itu adalah bagian dari proses pembelajaran karakter, terimalah baik dan buruknya orang yang kita kenal,itulah sahabat.Karena setiap orang mempunyai kesempatan untuk berubah suatu saat nanti.Dewasa tidak bisa dipandang hanya  dari usia saja melainkan bagaimana cara kita menyelesaikan suatu masalah.Demikian tulisan ini saya buat semoga saja bermanfaat untuk Anda yang membacanya terima kasih.



"People are never happy with just being friends..
#be happy with what you have because it might not be there when you really need it .."


#Chris Chavarria's facebook status#

Dedicated To Dian dan Erick, semoga bisa cepat baikan, hee..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar